24
Apr
08

SEPAK BOLA, IT’S ALL ABOUT RESPECT

PERCAYAKAH Anda bahwa tidak ada yang lebih fair daripada olahraga sepak bola? Tanpa disadari sepak bola adalah olahraga yang cukup adil. Dimana semua pihak “dipaksa” untuk menerima hasil akhir pertandingan. Pihak yang kalah, cukup menyadari bahwa timnya tidak cukup pantas untuk menang, dan sebaliknya. It’s so simple as that.

Simak saja fakta-fakta berikut ini, Marseille klub besar perancis, digelar piala Championnya pada tahun 1993 dicabut karena kasus suap, namun tidak serta merta membuat AC Milan (sang runner up) menjadi kampiunnya. Fakta lainnya,ketika kasus Calciopoli melanda Italia, gelar Juventus dianulir dan diberikan sebagai “hadiah” kepada Inter Milan,tapi fakta dilapangan menunjukkan bahwa tidak ada tifosi atau pendukung Inter yang bangga atas gelar “hibah” tersebut.

Semua pihak yang terlibat dalam suatu industri sepak bola, entah secara aktif ataupun pasif,menyadari betul apa makna perjuangan di atas lapangan,ketika respek dan rasa hormat akan berujung pada sportivitas semangat untuk memberi nilai lebih pada olahraga itu sendiri. Sayangnya, pada pagelaran liga Champion minggu lalu,Cristiano Ronaldo(CR7) “melupakan” arti respek pada permainan sepak bola.

Sebuah aksi “stepover” yang berlebihan menjelang pengujung pertandingan oleh Cristiano Ronaldo,berakhir pada tekling keras David Pizarro,yang diganjar dengan kartu merah. Pizarro bersalah, itu pasti. Namun, bagaimana Ronaldo?

D isatu sisi kebebasan berekspresi adalah mutlak hak asasi para binyang lapangan hijau. Aksi-aksi menawan dilakukan untuk memuaskan para penonton,dan untuk itulah mereka dibayar mahal oleh para pemilik klub. Tetapi di sisi lain, “football is not only win or lose… It’s all about respect.” Bagaimana kita dapat memenangkan suatu pertandingan dengan kebanggaan dan rasa hormat terhadap pemain lawan. Idealis? Saya rasa tidak.

Aksi-aksi menawan dilakukan untuk memuaskan para penonton,dan untuk itulah mereka dibayar mahal oleh para pemilik klub. Tetapi di sisi lain, “football is not only win or lose… It’s all about respect.”

Mari kita flashback ke tahun 2007, ketika seorang striker dari klub Cruzeiro di brasil bernama Kerlon, menunjukan aksi dribling dengan jagling kepala,yang lebih di kenal sebagai Seal Dribble (karena seperti gaya anjing laut memainkan bola di sirkus). Aksinya yang dilakukan dalam pertandingan menghadapi Atletico Mineiro, memicu emosi bek lawan dan menteklingnya dengan keras. Kejadian ini kemudian sempat menimbulkan perkelahian antarpemain di lapangan.

Belum cukup sampai disitu ,dalam skala yang jauh lebih kecil,Nani, winger Portugal yang bermain untuk Manchester United ,juga sempat melakukan aksi stepover berlebihan dalam “pembantaian” Arsenal 4-0 di piala FA tahun ini.Akibatnya ,Justin Hoyte terpancing untuk “melabraknya” dan diusir keluar lapangan.

Respeklah terhadap pemain lawan,meski kalian sudah “memenangkan” pertandingan. Kita semua tentu punya nurani,bahwa sebenarnya jauh di dalam hati kita ,kita tahu apa yng baik dan apa yang salah. Saya tidak berkata bahwa saya lebih baik daripada CR7, Kerlon ataupun Nani. Namun ,terlepas dari satu “dosa” dalam hidupnya,saya yakin bahwa tiada maksud dari mereka ini untuk “meremehkan” pemain dari tim lain di atas lapangan.

Untuk kasus ini ,mungkin kita dapat belajar dari NBA (National Basketball Association) di Amerika Serikat. Tim-tim di NBA, selalu menunjukan respek dan rasa hormat terhadap lawanya di lapangan. Meski telah unggul jauh dari lawanya,atu hampir dipastikan memenangkan pertandingan ,mereka tetap bermain serius dan tidak pernah melakukan gerakan-gerakan untuk meremehkan lawan.

Sekali lagi saya katakan ,”Football isn’t only about win or lose,but it’s all about respect!”

Sumber : Top Skor,Jumat 11 April 2008 (Opini :Andy McCartney).

Penulis : Pemerhati Sepak Bola.


0 Responses to “SEPAK BOLA, IT’S ALL ABOUT RESPECT”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: