06
Jun
08

Monkey D. Luffy

Monkey D. Luffy (モンキー・D・ルフィ, Monkī Dī Rufi?) adalah nama seorang bajak laut fiksi dari serial anime dan manga One Piece.

Tentang Luffy

Dia adalah kapten dari Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, dan berasal dari Desa Fusha. Sebelumnya, kepala Luffy dihargai 30 juta berry setelah mengalahkan Arlong dan menjadi harga tertinggi di wilayah East Blue (nilai nominal untuk kriminal di East Blue adalah 10 juta berry). Kemudian dia meraih harga 100 juta berry untuk kepalanya setelah mengalahkan Crocodile, salah satu dari Sichibukai, dan naik menjadi 300 juta berry setelah peristiwa di Enies Lobby

Penampilan

Luffy mempunyai ciri khas tersendiri yaitu topi jerami (ini sebabnya dia dijuluki topi jerami) yang dia dapat saat masih kecil, dari bajak laut terkenal Shanks si rambut merah, celana pendek warna biru, sandal dan kemeja tanpa lengan berwarna merah. Dia juga punya bekas luka di bawah mata kirinya yang ia buat sendiri untuk membuktikan bahwa ia sudah dewasa dan berani, dan warna rambut hitam.

Luffy selalu menggunakan baju yang sama setiap saat, berbeda dengan Nami, Nico Robin, Sanji, bahkan Roronoa Zoro. Dia akan menggunakan baju yang berbeda untuk menyesuaikan diri dengan iklim dan cuaca (misalnya cuaca dingin di Drum Kingdom dan panas gurun di Alabasta), tapi akan kembali menggunakan baju asalnya setelah petualangannya berakhir. Fashion Luffy yang lain misalnya saat petualangan di Skypiea, Luffy membuka kancing bajunya dan mengenakan gelang. Saat pertarungan Davy Back Fight dengan kelompok Bajak Laut Foxy, Luffy mengenakan rambut Afro, sarung tinju, dan celana merah. Saat peristiwa di Enies Lobby, luffy mengenakan baju merah dan celana coklat.

Buah Gomu Gomu

Ketika Luffy masih muda, dia secara tidak sengaja memakan Buah Iblis (di versi anime, dia memakannya asal-asalan dengan marah karena merajuk pada Shanks) yaitu Buah Gomu Gomu yang ia anggap adalah makanan penutup. Buah Gomu Gomu (Gomu berarti karet) adalah salah satu dari buah iblis yang menyebabkan tubuh pengguna menjadi melar layaknya karet dan bisa memanjangkan anggota tubuhnya. Selain itu, pengguna bisa kebal terhadap serangan fisik, bahkan peluru sekalipun dan menghantarkan listrik. Kelemahannya adalah benda tajam dan mungkin juga api.

Luffy menggunakan kekuatan Buah ini sebagai ciri bertarungnya yang khas, yaitu memanjangkan lengan untuk meninju atau memanjangkan kaki untuk menendang dan bisa menggembungkan tubuh untuk pertahanan diri. Luffy mempelajari struktur tubuhnya sangat dalam, sehingga mendapat banyak variasi dari jurus “mulur”nya. Terakhir, Luffy mempelajari keuntungan sebuah tubuh karet, dapat untuk memompa aliran darah dan mempercepat sistem transportasi energi, sehingga dia mendapat energi lebih banyak dari tubuhnya, dan tubuhnya juga mengeluarkan uap. Gerakan ini dia namakan sebagai Gear Second. Kelebihan dari Gear Second adalah kecepatan dan kekuatan Luffy menjadi berkali-kali lipat dari sebelumnya, tetapi hanya untuk waktu yang singkat. Dengan kecepatan yang melebihi angin dan stimulan tenaga yang berlipat ganda, bahkan ara petarung super CP9 pun kewlahan menghadapi dirinya.

Gear Third merupakan suatu teknik dengan memompakan udara ke dalam tulang karetnya sehingga akan membuat sebagian tubuhnya menjadi besar. Jurus ini berbeda dengan gomu-gomu no fusen yang hanya dapat menyimpan udara di dalam perutnya, udara yang disimpan dengan jurus ini dapat ditransferkan ke tangan dan kaki sehingga membuatnya bisa mengeluarkan jurus gomu-gomu gigan pistol & giant axe. Kelebihan dari Gear Third adalah kekuatan menjadi berkali-kali lipat melebihi kekuatan pada saat Gear Second, tetapi kecepatannya menurun drastis. Selain itu, tubuh Luffy akan menyusut menjadi kecil setelah Gear Third selesai digunakan.

Jurus-jurus Luffy

  • Gomu Gomu No Pistol Luffy Meninju sambil Melenturkan 1 tangannya.
  • Gomu Gomu No Rifle Sama Seperti Pistol, Tapi Kali ini Dia Memutar tangannya sehingga tinjunya menjadi lebih bertenaga
  • Gomu Gomu No Bazooka Seperti Pistol, Tapi dia menggunakan 2 tangan dan telapak tangannya terbuka.
  • Gomu Gomu No Bullet Seperti Pistol, Tapi Sebelumnya Dia Telah Melenturkan tangannya Ke Belakang Sehingga Dampaknya Lebih Besar
  • Gomu Gomu No Whip Luffy memanjangkan lengannya kemudian membentuk gelombang dari ujung tangannya.
  • Gomu Gomu No Shield Luffy menarik jarinya untuk menangkap musuh. Digunkan ketika melawan Arlong.
  • Gomu Gomu No Net Luffy membentuk jari-jarinya seperti jala untuk menangkap Arlong.
  • Gomu Gomu No Hanabi (Kembang Api) Luffy membelit tubuhnya dengan tangan dan kakinya sendiri kemudian melepaskannya untuk menyerang.
  • Gomu Gomu No Axe Luffy melenturkan kakinya setinggi mungkin keatas, kemudian membiarkan kakinya kembali dan menghantam musuh yang berada dibawahnya.
  • Gomu Gomu No Gatling Seperti Pistol, tapi kali ini dia menggunakan kedua tangannya untuk meninju musuh secara berulang kali dengan kecepatan yang sangat tinggi.
  • Gomu Gomu No Fusen (Balon) Luffy menghirup udara sebanyak banyaknya melalui mulut, sehingga membuat tubuhnya mengembung seperti balon.
  • Gomu Gomu No Tako Hanabi (Kembang Api Gurita) Luffy melakukan Gomu Gomu No Hanabi dan memantulkannya ke dinding(membabi buta).
  • Gomu Gomu No Storm Luffy melakukan Gomu Gomu No Fusen kemudian memutar tubuhnya dan terbang ke udara dengan menghembuskan nafas kemudian melakukan Gomu Gomu No Gatling ke atas. Digunakan ketika mengalahkan Mr. 0 / Crocodile.
  • Gomu Gomu No Stamp Seperti Pistol, Tapi kali ini dia melenturkan 1 kakinya untuk menendang.
  • Gomu Gomu No Spear Luffy menggunakan kedua kakinya untuk melakukan Gomu Gomu No Stamp.
  • Gomu Gomu No Rocket Luffy mengambil ancang-ancang seperti sebuah ketapel dan menerbangkan dirinya sendiri dengan kecepatan tinggi.
  • Gomu Gomu No Bo /Baka Luffy mengosongkan pikirannya agar gerakannya tidak dibaca lawan.Digunakan olehnya untuk melawan Mantra

milik Enel.

Kepribadian

Luffy adalah orang yang easy going dan sejak awal terlihat sama sekali tidak pintar.Sebagai seorang bajak laut Luffy bisa dikatakan sangat awam karena tidak mengetahui apapun tentang kompas dan ilmu kelautan. Selain itu dia tidak bisa berenang karena memakan Buah Gomu Gomu.

Kapten dari kelompok bajak laut topi jerami ini punya sikap yang bodoh dan konyol terhadap para anak buahnya, walaupun dia menganggap anak buahnya sebagai “seorang teman” daripada sebagai bawahan. Para anak buahnya seperti Sanji, Nami, dan Usopp kadangkala memukulinya karena kebodohan yang ia buat. Tetapi mereka sangat menghormatinya karena keteguhan hatinya sebagai seorang Kapten. Contohnya Roronoa Zoro, dia adalah teman terbaik Luffy dan yang paling mengerti Luffy (ketika peristiwa Usopp dan Aokiji) serta Robin adalah orang yang sama sekali tidak pernah mengejeknya ataupun memukulnya dan paling menghormatinya.

Luffy juga menjadi orang sumber masalah dan juga pencerah suasana di kapal. Kadang para kru direpotkan oleh ulahnya.

Luffy merasa harus memikul tanggung jawab seluruh anggota kelompok, tentunya sebagai kapten. Dia akan marah jika ada seseorang yang sampai menyakiti temannya. Misalnya dia bersumpah menghajar Crocodile karena sudah membuat Vivi menangis (walau secara tidak langsung). Setelah mengalami pertempuran dengan Aokiji, Luffy mulai merasa pentingnya melindungi sahabatnya, terlebih setelah Usopp meninggalkan kru. Ketika Robin diculik oleh CP9, Luffy dan yang lain berusaha untuk menyelamatkannya. Walaupun menjadikan World Government sebagai musuh mereka. Luffy sendiri mulai serius untuk melindungi sahabatnya, tergambar dalam jurus baru Luffy yang khusus untuk menghadapi musuhnya yang menculik Robin, Gear.

Luffy sama sekali tidak pernah membunuh musuhnya, karena bagi Luffy kehilangan harga diri karena dikalahkan akan lebih menyakitkan daripada merenggut nyawa.

Keluarga

Keluarga Luffy di penuhi misteri. Yang pertama diketahui dia adalah adik dari Portgas D. Ace, komandan divisi 2 dari kelompok bajak laut shirohige. Kemudian di Water 7, dia bertemu kakeknya yang selama ini merawatnya, Monkey D. Garp. Dan anehnya, Garp sendiri adalah seorang laksamana madya legendaris dari angkatan laut. Disini juga diceritakan tentang kebenaran ayah Luffy. Sang Kriminal terburuk di dunia, revolusioner Dragon adalah ayah Luffy dengan nama lengkap Monkey D. Dragon. Tapi yang jelas, Luffy adalah salah satu penyandang nama D. di kisah ini, juga seluruh keluarganya.

Luffy dan Shanks

Ketika Luffy masih kecil, dia bertemu kelompok bajak laut yang singgah di desanya. Kelompok bajak laut tersebut dipimpin oleh Shanks dan Luffy ingin sekali bergabung dengannya. Luffy menusuk bagian bawah matanya dengan pisau sebagai tanda bahwa ia mempunyai keberanian, tetapi Shanks tetap menolaknya. Setelah Luffy bertemu dengan Higuma, Luffy diculik oleh kawanan perompak gunung dan Luffy dibawanya ke laut. Shanks menolongnya walaupun harus kehilangan sebelah tangannya. Ternyata alasan Shanks menolak Luffy adalah karena dahsyatnya lautan. Kemudian Luffy berjanji akan melebihi Shanks dan menjadi raja bajak laut lalu Shanks memberikan topi jeraminya dan berkata:

” Kuberikan topi berhargaku ini padamu, kelak kau harus mengembalikannya padaku”


0 Responses to “Monkey D. Luffy”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: