30
Jun
08

Torres Bawa Spanyol juarai Eropa

Usai miskin gelar dalam kurun waktu 44 tahun, tim nasional Spanyol berhasil menjuarai EURO 2008 berkat gol tunggal ujung tombak andalannya Fernando Torres. Golnya membuat Jerman tumbang 1-0 pada babak final EURO 2008 di Stadion Ernst Happel, Minggu (29/6).

Dengan demikian Spanyol berhasil menjadi kampiun di benua biru tersebut dan kesuksesan ini merupakan catatan tertinggi kedua mereka setelah yang pertama menjuarai turnamen ini pada tahun 1964.

Spanyol juga mencatat rekor bagus di 2008 ini dengan menjadi satu-satunya tim yang selalu menang hingga juara. Sebelumnya, Prancis pernah melakukan itu saat juara di tahun 1984, namun dengan label tuan rumah. Spanyol bahkan melengkapinya dengan gelar top scorer pada penyerang David Villa, yang justru absen di laga final.

Di awal laga, khususnya pada menit ketiga gawang Spanyol nyaris kebobolan, bila saja Miroslav Klose tampil tenang saat memanfaatkan kesalahan passing dari Sergio Ramos.

Memasuki menit 14 ganti Spanyol yang mengancam gawang Jerman, beruntung sontekan Iniesta yang mengenai kaki Christophe Metzelder nyaris membuahkan hasil, setelah Jens Lehmann menepis bola keluar arena pertandingan.

Penyerang andalan Liverpool, Fernando Torres, memiliki kans untuk menjebol gawang Jerman, namun sayang tandukannya hasil umpan silang Sergio Ramos hanya mengenai mistar gawang dan beruntung bagi Jerman bola muntah tidak disambar oleh pemain Spanyol lainnya.

Menit 33 Spanyol membuka keunggulannya terlebih dulu melalui sontekan manis Fernando Torres, yang memanfaatkan umpan gelandang Xavi Hernandez.

Memasuki paruh kedua, Spanyol sudah memiliki dua kali peluang melalui tendangan jarak jauh Xavi, dan David Silva, namun sayang keseluruhannya masih berada tipis di sisi kiri gawang.

Spanyol nyaris kebobolan, saat bek Barcelona Carles Puyol melakukan kesalahan di lini belakang, dan beruntung tendangan Michael Ballack masih melebar dari arah gawang.

Dua kali Spanyol mendapatkan peluang lagi untuk menambah gol melalui tandukan Ramos dan tendangan Iniesta, namun kesigapan Lehmann dan ketatnya lini belakang Jerman membuat tim asuhan Luis Aragones itu harus menunda ambisi tersebut.

10 menit menjelang bubaran, Spanyol menyia-nyiakan peluang di mulut gawang, saat umpan Santi Cazorla dari sisi kanan langsung ditanduk oleh Guiza, namun sayang Marco Senna tidak dapat meneruskan bola ke dalam gawang, meski Lehmann sudah mati langkah.

Hingga pertandingan usai skor tetap tidak berubah dan Jerman, yang diasuh oleh Joachim Loew harus rela melihat anak-anak asuhannya terkulai lemas di atas lapangan.


0 Responses to “Torres Bawa Spanyol juarai Eropa”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: